Home » » Mengapa Ip kita Pas-Pasan

Mengapa Ip kita Pas-Pasan


Kita semua tahu dalam setahun itu terdapat 365 hari. Kalau anda tidak tahu, mungkin anda berasal dari planet lain, hehe. Sebagai mahasiswa,  kita juga tahu bahwa 365 hari tersebut juga merupakan tahun akademik mahasiswa. Apakah benar demikian? Mari kita hitung bersama.

Hari Minggu, 52 hari dalam setahun, Anda pasti tahu kalau hari minggu adalah untuk Libur termasuk di kampus kita, Universitas Ahmad Dahlan dan kampus-kampus lain, maka dengan ini hari dalam kalender akademik tersisa tinggal 313.

Hari libur, anggaplah dalam setahun tidak kurang terdapar 13 hari libur. Hari tersisa tinggal 300.


Liburan kuliah (libur akhir semester dan libur Idul Fitri), Jelas dan pasti, semua mahasiswa akan berlibur atau pulang kampung dan tidak akan belajar, biasanya libur tersebut sekitar 2 bulan lebih, anggaplah sekitar 60 hari. Hari tersisa tinggal 240.

Sebagai manusia kita juga akan membutuhkan tidur untuk beristirahat, biasanya kita butuh 8 jam sehari untuk menjaga kesehatan, berarti dalam setahun kita membutuhkan 120 hari untuk tidur. Maka hari dalam kalender akademik tadi yang tersisa tinggal 120.

Jangan lupa, kita sebagai muslim, kita pasti akan mendahulukan ibadah seperti sholat dan ibadah-ibadah lain kan? Paling tidak 1-2 jam kita beribadah, anggaplah kita alokasikan 25 hari dalam setahun. Hari tersisa tinggal 95.

Bermain juga baik untuk kesegaran dan kesehatan untuk menghilangkan kejenuhan, paling tidak memerlukan 1 jam sehari. Terpakai lagi 15 hari. Hari belajar kita tersisa tinggal 80.

Makan dan Minum untuk bertahan hidup, paling tidak selama satu hari kita habiskan 30 menit untuk makan/minum (minimal 2 kali makan), hilang lagi 7 hari. Hari tersisa tinggal 73.

Jangan lupakan, Manusia adalah makhluk sosial, butuh berinteraksi dengan orang lain, kita ambil 1 jam perhari untuk berbicara dan berinteraksi. 15 hari terpakai lagi, Hari pun tersisa tinggal 58.

Terkadang kita pun bisa sakit, anggaplah paling tidak 4 hari dalam setahun, sudah cukup mewakili. Hari akademik kita pun tersisa tinggal 54.

Ujian ( Midterm dan UAS) itu sendiri biasanya dilaksanakan selama 4 minggu per semester berarti, 48 hari sudah teralokasi untuk ujian. Hari tersisa tinggal 6.

Jangan lupa juga, kita juga sering nonton dan jalan-jalan, hitunglah paling tidak 5 hari dalam setahun.


Dan Akhirnya, hari dalam kalender akademik kita pun tersisa tinggal 1 hari.

Satu hari yang tersisa itu kan HARI ULANG TAHUN, Masa belajar sih??

Dan akhirnya tidak pernah kita sadari sebelumnya, bahwa ternyata mahasiswa tidak memiliki hari tersisa untuk melakukan kegiatan akademiknya. Kapan belajarnya?? Jadi mungkin karena inilah mahasiswa IPKnya jadi pas-pasan.


nyontek dari: Faik Fauji


Share this article :

0 komentar:

Blogroll

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. HIDAYAT ATORI'S BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger